Sunday, April 10, 2022

Hari ke 4 di Bali, Dari Gunung Kita Pindah Ke Pantai

Sewa Mobil Semarang - Rasanya ga pengen cek out dari Kawi Resort yang ada di Ubud tapi gimana lagi kita harus melanjutkan perjalanan untuk menuju ke destinasi berikutnya. Pagi berenang dan sarapan romantis di Restonya Kawi Resort dengan pemandangan hutan, lembah dan sawah membuat santap pagi makin sempurna. Setelah beres sarapan kita packing dan siap siap meninggalkan Ubud yang adem menuju ke Uluwatu di ujung selatan Pulau Bali. Perjalanan sekitar 1 jam tapi kita mampir dulu ke Pasar Seni Sukowati. Pas mau sampai Sukowati ternyata jalanan ditutup sepertinya lagi ada acara keagamaan jadi harus muter muter cari jalan lain, sampailah kita dapet tempat parkir yang meskipun agak lumayan jauh jalan kaki sampe ke pasarnya dan ternyata sudah berubah banyak sekarang pasarnya berada di gedung baru. Tidak terlalu ramai sih meskipun banyak wisatawan lokal disini, bule mah jarang kali belanja di pasar begini beli oleh oleh baju. Singkat cerita dapetlah sudah beberapa potong baju buat oleh oleh. Kita lanjut perjalanan tapi mampir dulu toko kacamata langganan 5 tahun yang lalu ternyata masih ada. Toko kacamata jujukannya pedagang ini ada di pojokan perempatan gitu tidak jauh dari Pasar Sukowati.

Makan siang nasi padang deket toko karena udah keburu laper padahal rencana mau makan di daerah sanur tapi apa dayalah mama bos udah ga kuat pengen makan. hahaha alhasil makan seadanya dengan cita rasa seadanya pula. Selesai makan kita lanjut perjalanan melewati jalan Tol Bali Mandara menuju Uluwatu ke penginapan kita selanjutnya yaitu Tempekan Nyang Nyang tidak terlalu jauh dari Pura Agung Uluwatu. Hotel kecil tapi pelayanannya oke ramah banget bli nya, kamarnya luas dan bersih, fasilitas lengkap dan yang pasti ada kolam renangnya. Kolam renang ini fasilitas yang wajib ada dan ada dapur umum yang bisa kita pakai klo mau masak sendiri. Homy banget deh udah kayak dirumah sendiri. Berenang sebentar terus mandi siap siap kita cari tempat yang asyik buat nongkrong sore sambil liat sunset. Cari cari ketemulah Sunset Point Uluwatu yang harga menu menunya masih terjangkau buat kita hehehe namanya juga jalan jalan hemat. meskipun akses menuju lokasi jalanannya agak rusak dan tersembunyi tapi terbayar lunas sama makanan, tempat, dan tentunya view dari atas tebing uluwatu yang aduhayyy.

Di Sunset Point Uluwatu kita pesan Pizza, Spageti, Kelapa Muda dan Es Teh ga ketinggalan. Semuanya enak, kalian kalo ke Uluwatu wajib kesini dan semakin sore semakin ramai. Puas menikmati makanan sampai matahari terbenam kita balik ke hotel untuk istirahat.  Oh ya untuk tarif permalan di Tempekan Nyang Nyang ini 120 rb supiah + Breakfast 50 rb untuk berdua dan kita memutuskan untuk extend karena tempatnya oke banget dengan harga permalam cuma 120 rb tanpa breakfast. Besok pagi kita mau jelajahi pantai di sekitaran Uluwatu diantaranya Pantai Melasti dan Pantai Pandawa.

Tuesday, April 5, 2022

Hari Ke 3 Kita Kulineran Nasi Ayam Kedewatan Bu Mangku Ubud

Sewa Mobil Semarang - Hari ke 3 perjalanan kita sudah berada di Ubud Bali. Setelah 2 hari perjalanan yang cukup melelahkan dari Semarang ke Bali melewati Ruas Tol Trans Jawa dan bermalam di Baluran melewati gelapnya jalanan hutan Baluran. Keesokan harinya menyebrang lewat Pelabuhan Ketapang - Gilimanuk dan akhirnya bermalam di Ubud dan makan nasi campur dan sate lilit sudah sangat cukup mengembalikan tenaga yang terkuras 2 hari kemarin.  Bangun pagi kita langsung ritual wajib yang tidak boleh terlewatkan yaitu berenang. Selama di Bali kita sengaja pilih hotel yang menyediakan kolam renang karena anak-anak lebih seneng berenang di hotel ketimbang diajak jalan-jalan keluar.

Saat ini kita masih berada di Hotel Ubud Tropical Garden dengan harga permalam 170 ribu rupiah sudah termasuk sarapan dengan fasilitas yang super komplit. Puas banget deh nginep disini apalagi terkadang kita bisa menyaksikan monyet yang berkeliaran di depan jendela karena emang letaknya bersebelahan banget dengan Ubud Monkey Forest. Setelah berenang, mandi kita langsung siap siap sarapan di restonya yang estetik, Bukan Bali klo tempatnya biasa aja. Ada kolam yang penuh dengan ikan Koi menemani santap kita pagi ini dan di iringi alunan musik instrumen khas Bali menambah suasana jadi makin syahdu dengan pemandangan hamparan sawah dan kolam renang.

Selesai sarapan Nasi Goreng dan Mie Goreng di Resto yang udah disediakan hotel, Kita jalan kaki keluar hotel menikmati suasana Ubud di pagi hari. Udara Segar ditambah bau wangi bunga dan dupa, trotoar yang rapi dan deretan Toko, Hotel, dan Restoran meskipun masih banyak yg tutup tetap menambah suasana yang bakal bikin kangen benget sama Bali. Tidak lupa foto - foto dan jajan es krim kelapa di salahsatu deretan cafe dan resto sepanjang jalanan Ubud.

Setelah puas jalan jalan menikmati jalanan Ubud kita kembali ke hotel dan siap2 cek out untuk melanjutkan agenda berikutnya. Tempat yang kita tuju pertama kali sesuai request Istri yaitu Pasar Seni Ubud. Hari pertama kita udah belanja aja dapet bajunya anak anak dan sandal habis 70 ribu rupiah.

Tak terasa habis belanja udah siang aja dan perut minta di isi. Kita lanjut makan siang di Warung Nasi Ayam Kedewatan Bu Mangku. Masih di daerah Ubud, warungnya rame banget karena emang udah terkenal ya warung ini meskipun rame pelayanannya tetap cepet dan ternyata tempanya di dalem luas banget. Kita parkirnya di pinggir jalan karena emang g ada tempat parkir kusus sih tapi aman karena jalanan juga tidak terlalu rame. Nasi campur khas bali dengan potongan ayam, sate lilit, sambel teri dan siraman kuah betutu bikin makan siang tambah nikmat karena tempatnya begitu spesial dengan bangunan khas rumah adat Bali serasa kita sedang bertamu ke rumah orang Bali, adem dan homy banget dijamin betah lama lama disini. Makan siang kita bertiga habis 90 ribu rupiah.

Setelah kenyang santap makan siang yang begitu spesial kita lanjut perjalanan menuju Hotel Kita selanjutnya yaitu Kawi Resort A Pramana Experience. Letaknya masih di sekitaran Ubud cuma agak naik lagi ke utara tentunya lebih adem dan lebih dikelilingi hutan, cocok banget klo buat bulan madu. Kita booking termasuk sarapan di harga 290 ribu. WOW lagi lagi ini murah banget ga akan ada ditemui apalagi di Pulau Jawa. Resort dengan fasilitas dan layanan mewah harganya ga nyampe 300 rb permalam. Kamarnya luas dan estetik, viewnya langsung tebing sawah dan hutan, suasanan tenang, kolam renang, bersih udah pasti, air panas dan bath tub puas banget deh nginep disini. Sampai di hotel langsung aja kita santai, rebahan, guling guling di kasur, lihat2 pemandangan sekitar, berenang lagi, mandi dan berendam air panas, puas puasin deh pokoknya menikmati semua fasilitas yang disediakan sama hotelnya. Habis itu baru kita mandi dan keluar lihat suasana pemukiman sekitar sekalian cari makan.

Mampir ke pasar tradisional yang masih buka dan banyak yg jualan perlengkapan ibadah orang Bali, beli makan ACK (KFC Versi Lokal) untuk anak anak dan saya bungkus Pecel Lele atau Penyetan Lamongan dan yang jualan orang lamongan asli, ngobrol dah kita soal PERSELA yang degradasi dan bakal satu kasta dengan Persipa Pati. ACK 25 rb untuk 2 orang dan jajan, Pecel Lele 40 Rb 2 porsi ayam dan lele kita makan malam di hotel aja karena udah gelap dan banyak anjing berkeliaran jadi istri takut turun dari mobil. Balik Kita ke Hotel makan malam ditemani suara berbagai macam serangga di luar jendela yang gelap gulita karena emang langsung hadap ke hutan. Istirahat untuk melanjutkan perjalanan besok pagi.

Kita hitung ya untuk hari ke 3 kita keluar biaya Jajan Es krim 60 rb dan Minimarket 40 rb + Belanja 70 rb + Makan Siang 90 rb + Hotel 290 rb + Makan Malam 65 rb = Rp. 615.000,-

Jadi sampai dengan hari ke 3 liburan kita baru keluar biaya total Rp. 2.690.000,-

Monday, April 4, 2022

Hari Ke 2 Road Trip Ke Bali, Kita Nyebrang Pulau!

Sewa Mobil Semarang - Oke Kita lanjut hari ke-dua ya gaes, bagi yang belum baca perjalanan hari pertama bisa lihat di postingan sebelumnya. Oh ya ada sedikit pesan sponsor, perjalanan kali ini di dukung penuh sama Arjuna Rent Car, Sewa Mobil Tembalang Semarang untuk penyediaan mobilnya dengan unit Mobil Sewanya yaitu Toyota Raize Turbo Automatic sehingga perjalanan jadi menyenangkan dan tidak berasa capek meskipun perjalanan jauh. Buat teman teman yang butuh rental mobil di Semarang khususnya di Tembalang bisa hubungi Arjuna Rent Car, sesuaikan dengan budget dan kebutuhanmu ya karena pilihan mobilnya lumayan lengkap.  Untuk outfit kita didukung penuh sama Key Room, buat kamu yang pengen tampil keren dengan baju berkualitas bisa mampir ke Instagramnya Key Preloved Room kepoin dah tuh baju bajunya dan update terus kapan dia upload karena siap-siap rebutan begitu upload ga pake lama langsung SOLD, murah berkualitas sih emang barangnya.

Baiklah memasuki hari ke-dua bangun pagi kita masih berada di penginapan Reddoorz Near Baluran National Park. Dengan harga ga sampe 110 rb permalam ini kamarnya cukup bersih dan luas. Fasilitasnya juga lengkap nyaman deh untuk istirahat cuma bagi yang agak penakut mungkin terlihat sedikit seram ya karena kita tiba malam hari dan letaknya emang agak di pedalaman apalagi cuma kita aja tamu yang terlihat malam itu. Tapi begitu pagi nuansa pedesaannya kental sekali dengan kicauan burung dan udara segar meskipun kanan kiri hanya ada kebun tebu. Sempatkan berkeliling sebentar dan foto foto sebelum cek out. Udah selesai mandi dan beres packing kita siap siap berangkat melanjutkan perjalanan. Titik pertama yang akan kita tuju pertama kali hari ini adalah tempat sarapan hahaha.. Oke kita nemu tempat sarapan di Warung Prasmanan Cak Put. Letaknya tak jauh dari penginapan keluar jalan raya arah banyuwangi kanan jalan. Masakannya macam macam ala jawa timuran dan tak terlewat ada rawon juga. Menurut kami masakan disini enak banget ya cocok di lidah kami. Makanan dengan menu jawa terakhir sebelum kita nyebrang Pulau Dewata. Untuk Sarapan bertiga dan jajannya anak anak kita habis 70 ribu rupiah.

Setelah perut terisi kita lanjut perjalanan menuju Pelabuhan Ketapang dengan jarak tempuh sekitar 30-45 menit. Sebelum masuk pelabuhan jangan lupa kita siapkan dokumen KTP, SIM dan STNK ya. Booking tiket kapal secara online lewat aplikasi Ferizy ya jangan lupa di download. Tarif penyebrangan 1 mobil dengan 2 orang penumpang dewasa yaitu 180 rb an. Sampai di Ketapang sekitar pukul 10.00 WIB dan kita sampai di Pelabuhan Gilimanuk pukul 12.00 WITA. Pengalaman pertama kita nyebrang sendiri dengan mobil sendiri dan ternyata mudah banget semuanya sudah serba online dan tanpa tes rapid rapid an karena kita sudah vaksin ke 2 semuanya.

Menginjakan kaki di Pulau Bali, Alhamdulillah akhinya kita sampai juga tapi perjalanan sampai ke hotel masih lumayan jauh. Malam ini Kita akan nginap di daerah Ubud tepatnya di Hotel Ubud Tropical Garden yang letaknya dekat dengan Ubud Monkey Forest. Turun dari kapal dan keluar dari Pelabuhan Gilimanuk kita langsung disambut jalanan aspal yang mulus dan rindang oleh pepohonan ditambah pemandangan monyet ekor panjang yang berkeliaran di pinggir kanan kiri jalan. Udah berasa keluar dari Indonesia deh pokoknya dimana pulau Jawa yang dipenuhi jalan berlobang dan gelombang. Turun dari kapal tempat pertama yang kita cari adalah makan siang, yess di Bali udah siang jadi kita memutuskan untuk Solat sekalian cari tempat isi perut. Ketemulah Rumah Makan Sari Asih di Jl. Denpasar Gilimanuk Kabupaten Jembrana. Menu spesialnya ayam goreng kita pesan Ayam Kampung dan Ayam Negri, untuk Makan siang kita habis 100 ribu rupiah udah temasuk jajannya Kairaf ya. Setelah Sholat dan makan siang kita lanjut perjalanan dan sampai ke Ubud sekitar pukul 17.00 Waktu setempat dan langsung disambut dengan nuansa pedesaan Bali yang rapi, bersih dan asri ditambah pemandangan warga setempat yang sedang beribadah di pura diiringi musik gamelan khas Bali. Suasana seperti ini yang tidak akan kita temui dimanapun, tenang dan damai.

Sampai juga kita di Hotel dan ini pertama kalinya kita ke Ubud ya. Oh ya untuk tarif Hotel Ubud Tropical Garden cuma 170 ribu rupiah udah termasuk sarapan. WOW murah banget kan dengan fasilitas yang super komplit dengan kamar yang luas dan keren ini ga akan bisa kamu dapetin di manapun. Kita bookingnya lewat Agoda ya. Setelah cekin rebahan sebentar mandi Solat kita cari makan malam di sekitar hotel dan nemu warung yang cozy banget dengan menu nasi campur dan sate lilit. Harganyapun murah padahal kebanyakan yang jajan disitu bule bule ya. Bertiga kita habis 90 ribu rupiah. Oke hari ini ditutup dengan sate lilit khas Bali, mandi air panas dan berendam di bath tub.. MANTAP bersambung ke hari ketiga....

Jadi hari ke 2 kita menghabiskan biaya Sarapan 70 rb + Kapal Fery 185 rb + Makan Siang 100 rb + BBM Pertamax 200 rb + Hotel 170 rb + Makan Malam 90 rb Total 815 ribu. Jadi 2 hari ini kita sudah keluar biaya Rp. 2.075.000

Sunday, April 3, 2022

Road Trip Ke Bali 9 Hari, Sekeluarga Ga Habis 10 Juta (Hari Pertama)

Sewa Mobil Semarang - Terakhir liburan ke Bali 5 tahun silam sebelum punya anak, berdua kita naik pesawat dari Adi Sumarmo Solo itupun di Bali cuma 3 hari tapi cukup puas juga sih karena ga diribetin urusan anak jadi bebas eksplore kemana aja dengan sewa sepeda motor disana. Kali ini kita coba bawa mobil sendiri dari Semarang sampai ke Bali. Rencana Perjalanan kita plan mateng mateng ya karena bawa 2 anak balita jadi harus ramah untuk mereka.

Rencana berangkat hari Sabtu Subuh ternyata masih ada sedikit urusan jadi molor sampe jam 8 pagi kita baru start dari Semarang. Hotel sudah kami booking di daerah Baluran estimasi perjalanan 10 Jam jadi Abis Magrib kita udah masuk ke Penginapan. Isi Bensin Pertamax 250 rb, Isi E Toll 500 rb, sarapan soto di Banyumanik 30 rb. Bekal yang Cukup untuk memulai perjalanan sampai Banyuwangi. Masuk Tol Banyumanik kita turun Tol di daerah mojokerto untuk mencari makan siang. Sedapetnya aja lah tanpa plan kita mau makan apa akhirnya nemu tempat yang rindang di pinggiran kali Brantas. Adanya bakso dan mie ayam sama minum es kelapa muda yasudah lah karena kita ngejar waktu jadi ga sempet cari kuliner khas disana. Makan Siang habis 50 rb sama jajannya anak anak.

Lanjut perjalanan, sore jam 4 kita sampai di daerah PLTU Paiton perut rasanya udah minta di isi lagi akhirnya mampir ke Pantai Bohay ga sengaja juga nemu tempat ini dan makanan dan viewnya lumayan bagus. Kita pesan Ikan Kerapu Bakar dan Nasi Goreng Seafood, tak lupa minumnya Es Teh Manis. Karena ini kawasan wisata jadi ada tiket masuk dan makan kita habis 150 Rb. Habis makan sekalian solat dan mandiin si kecil karena perjalanan berikutnya sampe penginapan estimasi masih 3 jam dan melewati hutan. Isi BBM lagi pertamax 150 rb jaga jaga biar tenang dalam perjalanan. Alhamdulillah sampai di Penginapan jam 9 Malam. oh ya untuk harga penginapan 130 rb kita booking lewat Agoda nama penginapannya Reddorrz Near Baluran. Mandi dan langsung istirahat kebetulan sepertinya malam itu cuma kami yang menginap disitu. Jadi suasananya sangat sunyi ditambah lagi lokasinya berada di pinggiran desa dikelilingi kebun tebu persis banget di tepian Taman Nasional Baluran.

Jadi hari pertama kita habis BBM 250 + E Tol 500 + Sarapan 30 + Makan Siang 50 + Makan Malam 150 + BBM 150 + Penginapan 130 Total Rp. 1.260.000,-    Bersambung.....

Saturday, April 2, 2022

Kedumulyo Masuk Dalam Penilaian Calon Desa Wisata Kabupaten Pati, Mengusung Wisata Berbasis Alam, Budaya dan Kuliner

Sewa Mobil Semarang - Selasa 29 Maret bertempat di rumah Pendopo Desa Kedumulyo berlangsung acara penilaian Calon Desa Wisata Kabupaten Pati tahun 2022 oleh Pemerintah Kabupaten Pati. Hadir Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Pati yang di Wakili Bapak Sekdin Hari Muktio beserta Jajarannya. Muspika Kecamatan Sukolilo dan tentunya Tim Penilai yang terdiri dari Dinas Terkait, BPBD, Praktisi dan Pemerhati Pariwisata Kabupaten Pati.

Acara berlangsung dari jam 9 pagi dimulai dengan atraksi Budaya untuk Menyambut Tim Penilai dan Tamu Undangan. Dilanjutkan sambutan Kepala Desa Kedumulyo Bpk. Sutrisno yang dalam sambutannya menyampakaian besar harapan Beliau Kedumulyo bisa lolos menjadi Desa Wisata dan mampu menggerakan dan meningkatkan perekonomian Warga.

Selanjutnya pemaparan materi tentang Desa Wisata Kedumulyo dari Ketua Pengelola Bpk Oky Yuripa Pradana dimana dalam materinya menyampaikan berbagai macam potensi yang dapat diangkat sebagai nilai jual wisata mulai dari pesona alamnya, budayanya dan kulinernya dimana juga ditampilkan beberapa kuliner dan souvenir yang langsung bisa dinikmati oleh Tim Penilai.

Acara berikutnya dilanjutkan Sambutan Camat Sukolilo yang diwakili oleh Pak SekCam menyampaikan apresiasi beliau sekaligus bangga kepada Desa Kedumulyo yang ikut serta dalam assessment yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten ini mewakili Kecamatan Sukolilo dan satu satunya Desa yang ikut serta wakil dari Pati Selatan.

Selanjutnya sambutan dari Kepala Dinporapar yang diwakili oleh Pak Hari menyampaikan bahwa untuk menuju Desa Wisata diperlukan kekompakan, gotong rotong warga, seluruh elemen masyarakat karena Pariwisata itu melibatkan banyak unsur yang harus saling mendukung. Beliau juga menyampaikan beberapa program pembangunan Objek Wisata Gua Wareh yang harus terhenti karena terkendala Pandemi Covid 19 dan meminta seluruh masyarakat untuk berdoa supaya segera dapat anggaran dari Pemerintah Daerah maupun Pusat untuk pembangunan Objek Wisata Gua Wareh kedepannya.

Acara dilanjutkan dengan mencicipi hidangan makanan khas Desa Kedumulyo diantaranya ada Sambel Bancik, Sego Jagung Bothok Yuyu, Sego Berkat, Jamu Bubuk, Kopi Kisah. Setelah puas mencicipi makanan Khas acara dilanjutkan dengan menjelajah Desa Kedumulyo mengunjungi beberapa Objek dan Daya Tarik Wisata menggunakan Sepeda Onthel. Setelah itu ditutup dengan pemaparan evaluasi dari Tim Penilai, Penyerahan Kenang Kenangan dan Foto Bersama.