Thursday, May 21, 2015

Masuk Mobil, Jangan Langsung Nyalakan AC!


Indonesia yang memiliki iklim tropis saat ini mulai memasuki musim panas. Suhu di siang hari akan terasa panas sekali terutama di kota - kota besar ditambah tingkat polusi udara yang sangat tinggi. Bila Anda yang bepergian sehari - hari menggunakan mobil alangkah baiknya memperhatikan hal ini demi kesehatan Anda dan keluarga. 

Udara yang dikeluarkan dari lubang AC saat pertama kali dinyalakan masih bercampur dengan udara dalam mobil yang pengap terutama saat mobil di parkir di lokasi yang cukup terik. Hal ini bisa menimbulkan udara dalam mobil yang Kita hirup terkontaminasi dengan bahan-bahan beracun penyebab kanker yang ada di dalam mobil.


Untuk mengatasi hal tersebut, kita bisa mengantisipasi dengan mudah yaitu membuka semua kaca sebelum menyalakan AC. Hal ini dilakukan supaya terjadi pergantian udara untuk mengeluarkan udara dalam mobil dengan udara luar. Baru kemudian nyalakan AC selama beberapa menit untuk mengeluarkan sisa-sisa udara dalam mobil juga sekaligus mengeluarkan hawa panas di dalam mobil. Baru kemudian setelah itu tutup kaca mobil Anda kembali dan siap untuk dikendarai.

Tidak heran jika saat ini semakin banyak orang yang terserang kanker. Contoh di atas bisa jadi salah satu insiden yang dapat menyebabkan kanker. Menurut sebuah penelitian, dashboard mobil, jog kulit ataupun sintetis dan pengharum mobil menghasilkan Benzene yaitu racun penyebab kanker (karsinogen) jika terpapar panas. Luangkanlah waktu & amatilah bau plastik dashboard yg terkena panas. Selain menyebabkan Kanker, Benzene meracuni tulang-tulang Anda yang bisa mengakibatkan Anemia & menurunkan jumlah sel darah putih.

Bila terhirup terus-menerus dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan Leukemia dan menambah resiko penyebab kanker. Tingkat Benzene di dalam ruangan yang bisa ditoleransi sebesar 50mg/ft2. Sebuah mobil yang terparkir di dalam ruangan dengan jendela tertutup akan mengandung 400-800 mg BenzeneJika parkir di luar ruangan dibawah sinar matahari pada temperatur 15 derajat ke atas, tingkat Benzene naik hingga 2000-4000 mg, 40x dari tingkat Benzene yg bisa ditoleransi.

Orang - orang yang sewaktu masuk ke dalam mobil tidak membuka jendela sama sekali, mau tak mau akan menghirup banyak racun yang dengan sangat cepat masuk ke dalam tubuh. Benzene atau racun yang mempengaruhi ginjal & hati. Sangatlah sulit bagi tubuh untuk mengeluarkan racun-racun tersebut. Jadi buat Anda yang biasa kesehariannya bepergian menggunakan mobil alangkah baiknya melakukan hal simpel ini demi kesehatan Anda. Bukalah pintu & jendela mobil sebelum masuk, berilah waktu untuk racun-racun mematikan ini keluar sebelum Anda masuk dalam mobil. Semoga bermanfaat. Ok (dihimpun dari berbagai sumber)

No comments:

Post a Comment