Sunday, March 30, 2014

Goa Pancur, Misteri dibalik Pegunungan Kendeng


Rental Mobil Semarang - Jarang sekali orang mengetahui tempat ini, karena memang tempatnya yang agak terpencil di selatan Kabupaten Pati. Tepatnya di Desa Jimbaran, Kecamatan Kayen, sekitar 20 kilometer dari Kota Pati dibawah kaki pegunungan kendeng. Goa yang sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu ini menjadi salah satu goa yang mengeluarkan sumber mata air untuk penghidupan masyarakat sekitar. Pada tahun 90 an Goa ini pernah berjaya dengan berbagai macam fasilitas wisata. Namun saat ini kondisinya begitu mengenaskan.

Kali ini kami akan mencoba menelusuri kedalam goa yang katanya sangat dalam, dan benar saja baru sampai kedalaman 1 km belum sampai ujung kami akhirnya memutuskan untuk kembali.


Stalagmit dan stalagtit menghiasi dinding sepanjang goa begitu indah. Tetesan air dari atap goa terus mengalir, entah dari mana sumber mata air ini yang begitu deras mengalir dari lorong yang sampai saat ini belum diketahui ujungnya. Dengan bermodalkan kamera dan pechayaan dari senter kami menelusuri lorong goa dengan kedalaman air mencapai satu meter. Semakin kedalam Anda akan dapat menemui kawanan kelelawar yang begitu riuh menghuni celah celah dalam goa. Berbagai macam bentuk batu hasil dari tetesan air pun bermacam macam rupa. Salah satu yang paling unik adalah batu gentong yang berwarna putih seperti karang karena memang betukan dari kapur pegunungan kendeng yang menaunginya. Berikut ini gambaran ebebrapa titik dalam goa yang sempat kami abadikan.


Ketika sampai di kedalaman 700 meter Anda akan menemui 2 arus sungai yang mengalirkan air dengan suhu yang berbeda. dari satu sisi mengeluarkan air hangat dan satu sisi lain mengeluarkan air dingin. Buat yang tidak tahan dengan aroma kotoran kelelawar Anda bisa menyiapkan masker untuk berjaga-jaga.



Seruuu kan, goa yang masih begitu alami meskipun ada beberapa coretan tangan yang tak bertanggung jawab. Jika ingin berkunjung kesini kamu persiapkan batre, baju ganti, kamera dan jika mau camping juga bisa buat bawa tenda dan bekal tentunya. Selamat berwisata bersama Arjuna. Salam Arjuna Mania. Gaungkan Pariwisata Indonesia. 

No comments:

Post a Comment